Perempuan: Pendidikan atau Keluarga (?)

Atau? Kenapa harus ada pilihan pada dua hal yang sebenarnya bisa digabungkan? Ya, alangkah indahnya jika kedua hal itu bisa ditemukan dalam sesosok pribadi: perempuan berpendidikan yang membangun keluarganya. Sebelum berkelana lebih jauh lagi, mari sejenak merenungkan kembali tujuan dan makna pendidikan yang sebenarnya. Saya mengutip tujuan pendidikan yang dicanangkan oleh Diknas, yakni mengembangkan potensi …

Continue reading Perempuan: Pendidikan atau Keluarga (?)

Peran

Beberapa waktu terakhir ini saya seperti disadarkan lagi tentang misi hidup terpendam. Lagi-lagi, semesta seperti berkonspirasi menciptakan serendipity tersendiri khusus bagi saya. Bingung gak? Begini, kita mundur dulu ke 10 tahun lalu. 2008. Adalah saya mahasiswa tingkat dua yang walaupun kebanyakan main, tapi mikirnya suka kemana-mana. Ketuaan kalo kata temen-temen saya. Saat itu pikiran saya …

Continue reading Peran

Pengalaman Apply Kerja di Belanda

Assalamualaikum! Sebenernya saya agak ragu nulis ini, karena takut kurang valid. Tapi, karena banyak yang nanyain, akhirnya saya coba berbagi berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya yang terbatas ya hehe.. Enjoy! *** Mendapatkan kesempatan untuk bekerja sebagai profesional di luar tanah air adalah pengalaman yang sangat berharga. Selain mendapatkan wawasan dan pelajaran hidup yang baru, kita …

Continue reading Pengalaman Apply Kerja di Belanda

NHW 4 Kelas IIP: Mendidik dengan Kekuatan Fitrah

Tugas dari kelas IIP kali ini menantang banget. Maka selain saya yang sok sibuk, butuh waktu kontemplasi, refleksi, dan tadabbur lebih dalam. Seperti tugas IIP 2 dan 3, tugas kali ini berhubungan dengan tugas 1, maka juga berhubungan dengan tugas 2 dan 3. Jadi kebayang nanti tugas akhirnya mungkin semacam skripsi kali ya yang nyambung …

Continue reading NHW 4 Kelas IIP: Mendidik dengan Kekuatan Fitrah

NHW 2 Kelas IIP: Indikator Profesionalisme Wanita (versi saya)

Sepertinya ini konspirasi semesta deh. Kenapa hayo tiba-tiba nulis begitu? Jadi di akhir pekan lalu, saya mendapati sebuah fakta bahwasannyaaa… ternyata saya punya banyak kekurangan. Alhamdulillah banget sebenernya, dapat reminder ini. Kenapa? Karena di tengah rempongnya mengurus rilis dan marketing buku 2 pekan terakhir ini, saya jadi lalai merenung dan mengkoreksi diri. Alhamdulillah, karena di …

Continue reading NHW 2 Kelas IIP: Indikator Profesionalisme Wanita (versi saya)

NHW 1 Kelas IIP: Adab Pertama (Seorang Ibu)

Ini adalah tugas Nice HomeWork 1 dari IIP Luar Negeri. Membahas tentang adab menuntut ilmu. *** Suatu siang, ketika saya tengah mencari beberapa materi jaman kuliah untuk membantu seorang kawan, mata terjebak pada suatu judul file. Namanya: Testimoni Wedding. Ingatan saya seolah tersedot ke kejadian 4 tahun lau. Saya menikah di Bulan Desember tahun 2013. …

Continue reading NHW 1 Kelas IIP: Adab Pertama (Seorang Ibu)

Perempuan Rantau (2): Rumah Tangga

"Kalo habis s2 ini ga ada yang mau nikah sama aku.. Mau minta dijodohin aja lah sama bapak.." Itulah kegalauan saya ketika akan berangkat melanjutkan pendidikan master di Belgia, namun masih belum menikah. Saat itu saya masih berpikir bahwa perempuan berpendidikan tinggi itu ditakuti lelaki, sehingga saya putus asa dalam hal itu. Alhamdulillah kepasrahan tingkat …

Continue reading Perempuan Rantau (2): Rumah Tangga