Pengalaman Apply Kerja di Belanda

Assalamualaikum!

Sebenernya saya agak ragu nulis ini, karena takut kurang valid. Tapi, karena banyak yang nanyain, akhirnya saya coba berbagi berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya yang terbatas ya hehe..

54b3efcaefb3ca6122758a423e617871-timemanagement-life-tips
gambar dari pinterest

Enjoy!

***

Mendapatkan kesempatan untuk bekerja sebagai profesional di luar tanah air adalah pengalaman yang sangat berharga. Selain mendapatkan wawasan dan pelajaran hidup yang baru, kita juga bisa mendapatkan teman baru. Alhamdulillah saya sudah bekerja di sini selama 2 tahun.

Anyway, ada banyak yang bertanya kepada saya. Bagaimana caranya saya bisa dapat bekerja di sini. Kalau saya mau jawab jujur, ini sih karena doa dan restu dari keluarga terutama suami dan orangtua. Tapi kalau mau tanya tentang hal teknis, mungkin ini yang bisa saya bagi sesuai pengalaman pribadi:

Melengkapi dokumen. Dokumen ini termasuk izin kerja dari pemerintah Belanda dan kelengkapan untuk aplikasi kerja itu sendiri.

 

Dokumen :

  1. Izin kerja. Izin kerja bisa berupa:
    1. Kennismigrant (high skilled migrant). Izin ini biasanya diperoleh jika seseorang bekerja di perusahaan yang sudah direstui IND (kantor imigrasi Belanda) untuk jadi sponsor (dalam hal ini pemberi salary). Silakan cek info lebih jauh di link ini https://ind.nl/werk/Paginas/Kennismigrant.aspx
    2. Zoekjaar (perpanjangan masa izin tinggal di belanda untuk mencari kerja setelah lulus kuliah di Belanda, atau Belgia) . Ini link nya : https://ind.nl/en/Documents/FAQ_orientation_year_highly_educated_persons.pdf
    3. Spouse verblijf karena ikut pasangan bekerja di Belanda

Kalau pengalaman saya, izin kerja yang diperoleh karena ikut suami yang sedang menempuh S-3 di Belanda. Di sini, kegiatan pendidikan S-3 setara dengan bekerja

  1. Ijazah pendidikan terakhir
  2. Surat lamaran (cover letter). Menurut pengalaman saya, cover letter yang baik itu berisi track record pengalaman profesional kita yang berkembang dari waktu ke waktu. Selain itu, kita harus bisa bercerita tentang kelebihan track record kita untuk pekerjaan (posisi dan profil perusahaan) yang sedang kita lamar.
  3. CV, bisa format Europass CV atau format lain. Buat CV yang praktis aja, gausah terlalu panjang (max 2 halaman) dan tampilkan profil atau kegiatan yang mendukung aja. Misalnya kita apply posisi sebagai engineer, maka pengalaman jadi guru TK tidak perlu ditampilkan, tampilkan saja pengalaman di proyek yang berkaitan.

Secara umum, itu dokumen yang perlu disiapkan untuk aplikasi kerja pertama kali (seleksi dokumen). Kalau sudah siap, segera rencanakan submit dokumen!

 

Submit Aplikasi kemana?

Biasanya, platform yang memberikan informasi lowongan pekerjaan juga menyediakan pintu untuk memasukkan aplikasi. Bisa melalui:

  1. web LinkedIn,
  2. randstad.nl,
  3. aplikasi kerja “Glassdoor”
  4. job hunter search engine di Belanda.
  5. Portal aplikasi kerja di perusahaan multinasional (misal Unilever, Danone, dan Nutricia)

Untuk pengalaman saya, saya langsung apply ke kontak email yang saya dapatkan melalui google. Biasanya dokumen dikirimkan melalui email atau portal aplikasi kerja dari perusahaan terkait.

Biasanya, setelah 1 hari sampai 4 minggu setelah lamaran dikirim, kita akan mendapatkan jawaban dari perusahaan tersebut. Bisa berupa panggilan wawancara, bisa juga sebuah berita penolakan. Tetap semangat, karena pintu rejeki bisa terbuka dari mana saja.

 

Tahap Wawancara

Selanjutnya, jika perusahaan tersebut kira-kira merasa cocok dengan profil kita, mereka akan mengundang untuk wawancara. Biasanya ada beberapa langkah wawancara. Pertama wawancara tentang perkenalan, motivasi, dan bertanya sejauh mana kita mengetahui pekerjaan dan perusahaan yang kita incar. Wawancara kedua bisa berupa focus group discussion, uji kompetensi, dan presentasi. Wawancara ketiga bisa berupa kepribadian dan tes kecocokan dengan dean direksi atau atasan langsung kita.

Kalau yang saya alami, saya hanya  mengalami sekali wawancara untuk pekerjaan saat ini. Yakni dengan direktur dan user saya sekaligus. Wawancaranya pun padat mulai dari perkenalan, motivasi, sampai menanyakan gaji dan jam kerja yang sesuai. Untungnya perusahaan tempat saya bekerja ini sangat fleksibel dan kooperatif.

Sekedar tips nih:

  1. Cari tahu dan pelajari sebanyak-banyaknya tentang posisi dan perusahaan yang kita incar
  2. Kalau bisa, riset juga tentang orang yang akan menjadi interviewer kita
  3. Pelajari tipe pertanyaan interview dan jawaban yang oke (bisa lihat dari youtube atau google heheh)
  4. Lakukan survey gaji untuk posisi dan pendidikan terakhir sesuai profil kita, bisa lihat di payscale.com

Setelah dewan direksi setuju,mereka akan menawarkan kontrak kerja untuk masa sekian bulan atau satu periode pertama. Kita bisa bertanya-tanya tentang keuntungan dan kondisi terburuk jika ada hal yang menimpa kita selama bekerja. Hal teknis tentang liburan dan bonus pegawai juga bisa ditanyakan. Setelah kita setuju, kita bisa menyepakati tanggal untuk tanda tangan kontrak dan tanggal mulai bekerja.

 

Tips sebelum tanda tangan kontrak:

  1. Lakukan riset dan membaca banyak referensi tentang pekerjaan di Belanda secara umum. Biasanya terkait benefit, hak pegawai, pajak, dan ketentuan jam kerja vs hari libur.
  2. Tanyakan hal-hal yang memang berhak diketahui oleh calon pegawai. Gausah malu, di budaya di Belanda tuh lebih baik disepakati dan dibicarakan sejak awal daripada jadi masalah belakangan. Web seperti iamexpat.nl, www.officeholidays.com,
  3. Informasi lain yang bisa diakses : werk.nl (ini dari semacam kementrian tenaga kerja nya Belanda gitu)

***

Akhirnya resmi dapat kerja? Selamat! Jangan lupa bayar zakat, sedekah, dan pajak hehehe..

Biasanya, di awal masa bekerja kita akan dikenalkan dengan beberapa rekan kerja dan tugas utama kita sesuai posisi yang ditempati. Selanjutnya akan ada evaluasi dan masa percobaan. Jika lulus, maka kontrak akan dilanjutkan. Jika tidak, maka dewan direksi akan memberitahu kita.

Secara umum, bekerja di Belanda sangatlah menyenangkan dalam hal keseimbangan hidup dan profesional. Work life balance istilahnya. Mereka juga sangat suportif dengan hal terkait keluarga dan kebutuhan rekreasi pegawainya. Misalnya jika anak sakit atau kita butuh liburan, maka semua bisa dikomunikasian asalkan dilakukan dengan jujur.

 

Semoga tulisan ini bermanfaat ya.. kalo ada yang mau mengkoreksi atau melengkapi boleh banget lho.

 

Regards,

signature yosay aulia blog

 

 

6 thoughts on “Pengalaman Apply Kerja di Belanda

  1. Lutfia Nurhani

    Wahh akhirnya dipost jugaa.. makasih mba sharingnya hehe.. keren ya baru sekali apply langsung diterima!!
    oiya apa disana ada diskriminasi ke wanita berhijab? ((Maksudnya yg berhijab gak boleh pake hijab saat kerja atau yg berhijab lebih susah dapat kerja dsb))
    Bedankt alvast
    Groetjes

    Fia

    Like

    1. Yosay Aulia

      halo fia.. iya hehe akhirnya berani post. saya gagal 230an kali kok sebelum diterima kerja yg skrg. hehe. sejauh ini enggak sh, bbrp temen berhijab jg byk yg kerja d company belanda

      Like

  2. Hi Mba Yosay, salam kenal Mba..
    Keren mba, setelah gagal sekian banyak terus semangat apply. Hard work always pay off ya.. Selamat Mba..
    Mba saya berencana pindah taun ke NL taun depan, pengennya sih dapet kerjaan dulu baru pindah hehe.. boleh tau sebelumnya Mba Yosay interview langsung atau via Skype gitu Mba? Dan kira-kira bisa kah mencari pekerjaan dari Indo? Dankjewel..^^

    Like

    1. Yosay Aulia

      halo mbak tata… salam kenal juga ya makasih udh main ke blog saya. saya interview via telpon dan langsung. mungkin kalau jauh kayak di indonesia akan via Skype ya.. tentang cari pekerjaan dari indo, ada temen yang apply via LinkedIn.. mungkin bisa dicoba juga. intinya sh kemampuan bahasa dan coba cek di website IND apakah company yg mau diapply ini masuk k dlm list yg diizinkan memberikan sponsor (utk visa, izin kerja, dan izin tinggal imigrasi dll). goodluck ya mbak

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s