Detox Juice

Berencana hidup lebih sehat di tahun 2018?

Sepertinya homemade juice ini bisa jadi pilihan yang oke. Ceritanya berawal dari sistem pencernaan saya yang kadang kurang lancar. Biasanya terjadi setelah makan terlalu banyak protein, karbohidrat, dan kurang serat. Bila sudah terjadi, saya sering menjadikan obat pencahar sebagai jalan pintas. Saya pikir, kalau kebiasaan ini diteruskan, akan terjadi efek samping yang tidak diinginkan. Semua ini terjadi sejak tahun 2005, iya sudah 12 tahun ! Lama banget kan..

Kemudian saya mulai mencari tahu metode detoks alami. Ketika saya tengah mencari-cari buah dan sayur apa saja yang tepat untuk program detoks, tiba-tiba bertemulah beberapa alternatif lain. Misalnya chia seed, yoghurt, dan beberapa jenis teh. Nah, saya tertarik nih sama chia seed. Apa sebabnya? Karena saya sudah mencoba yoghurt, teh hijau, teh detoks, teh daun jati cina, dan teh lemon. Hasilnya masih kurang menggembirakan. Maka saya langsung beli chia seed di swalayan organik, dan mencoba membuatnya dengan juice mangga. Hasilnya lebih baik sih daripada metode lain, tapi masih kurang menggembirakan. Kurang sustain gitu.

Hingga suatu saat, saya lihat instagram salah satu temen yang cerita bahwa dia berhasil melakukan program detoks dengan konsumsi juice sayur dan buah full time selama tiga hari. Kemudian, saya cari tahu lah tentang diet detoks ini. Hm, rasanya saya perlu mencoba metode ini, toh tidak menggunakan bahan yang membahayakan.

Maka ketika saya pulang ke Indonesia summer 2017, saya langsung coba metode detoks itu. Kenapa pas di Indonesia? Karena juice detoks itu dijual di IG @dewintakitchen yang berdomisili di Jakarta. hehe. Saya mencobanya selama tiga hari, setelah saya konsultasi dengan Mbak Dewinta ini sebelumnya. Kenapa konsultasi? Karena rata-rata orang yang menjalankan diet ini akan turun hingga 3 kg selama 1 minggu. Sedangkan saya sendiri BMI nya sudah kurang. Sehingga saya disarankan untuk menjalankan program detoks dengan makan siang porsi normal saya.

Bagaimana rasanya? Hari pertama lemas dan lapar! Kalau lagi diet tuh semua makanan terasa enak dan menyenangkan ya.. Duh, nggak cocok deh diet-dietan gini, kudu jaga kondisi badan dengan gizi seimbang aja. Tapi saya harus bertahan, toh tetap makan siang ini, dan hasilnya bikin penasaran.

Bagaimanakah hasilnya? Memuaskan! Di hari pertama langsung terasa lancar ke belakang dan perut terasa sangat ringan. Juice detoks ini seperti membersihkan sisa kotoran yang selama ini belum sempat terbawa deh.. Maka demi melihat hasil menyenangkan selanjutnya, saya pun semangat menjalankan detoks lagi hingga tiga hari ke depan.

***

Sepulang saya ke Belanda hingga 2 bulan selanjutnya, pencernaan saya tetap lancar tanpa hambatan berarti. Kemudian saya terinspirasi oleh resep juice detoks tersebut, dan tercetus keinginan untuk membuat juice detoks sendiri.

Maka, inilah resepnya !

Bahan

  • 1 butir apel
  • 1 buah bit ukuran sedang
  • 1 buah kiwi
  • 10 butir strawbery
  • air jeruk secukupnya
  • chia seed sepuasnya
  • madu 1 sdm

Cara membuat

kupas dan cuci semua buah, kemudian blender semua bahan kecuali chia seed. Tuangkan juice ke dalam gelas, campurkan chia seed hingga rata. Juice siap dinikmati dan bisa disimpan di kulkas selama 3 hari.

Kenapa 3 hari? karena biasanya aktivitas enzimnya akan semakin turun seiring berjalannya waktu dan buah bit ini mudah sekali menjadi asam. Maka sebaiknya juice segera dikonsumsi. Biasanya resep tersebut bisa untuk porsi minum tiap pagi dan malam selama 2-3 hari. Maka saya suka menyimpannya di wadah yang besar sebagai stok.

Kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi juice detoks ini? Biasanya saya mengkonsumsi di pagi hari sebagai pengganti sarapan dan sebelum makan malam. Ini metode yang cocok dengan saya, dengan niat melancarkan pencernaan ya, bukan untuk menurunkan berat badan. hehe..

Rasanya setelah mengkonsumsi ini tuh pencernaan bersih, ringan, dan badan lebih fit gak gampang ngantuk. Alhamdulillah deh the power of buah dan sayur. Next, kalau ke Indonesia saya mau pesan lagi ke @dewintakitchen ini. Karena program detoksnya lebih hakiki daripada punya saya yang hanya maintenance dan masih suka makan ciki ini. hehehe..

 

Berminat mencoba? Boleh lho berbagi cerita suksesnya 🙂

Regards,

signature yosay aulia blog

One thought on “Detox Juice

  1. Pingback: Persiapan Haji: Fisik – LOVE YOUR LIFE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s